Disiplin untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Disiplin untuk Kehidupan 2

 Oleh : Bhante Khemanando Thera

bhikkhu_khemanando

 

Team : apa arti disiplin menurut Bhante?

Bhante : Disiplin itu untuk meningkatkan kualitas diri. Disiplin dilakukan lewat pikiran, ucapan, dan perbuatan. Untuk umat Buddhis disiplin adalah Pancasila Buddhis. Untuk bhante disiplin adalah Vinaya, Ada yang menjalankan disiplin karena kesadaran sendiri, ada yang menjalankan displin karena takut adanya hukuman. Jadi tergantung pada individu masing masing.

 

Team : apakah disiplin umat Buddhis sudah baik?

Bhante : Sudah baik. Akan tetapi masih ada sebagian umat Buddha yang masih menyukai memakai jimat jimat. Padahal jika disiplin menjalankan Pancasila Buddhis dan belajar yang benar maka tidak perlu jimat jimat.

 

Team : disiplin apa yang Bhante lakukan sehingga bisa menyelesaikan pendidikan Bhante? (seperti kita ketahui sebagai Bhante yang hanya boleh memakai jubah tentunya bukan hal yang mudah untuk ikuti pendidikan, perlu rasa percaya diri yang kuat untuk kuliah)

Bhante : Jadikan Dhamma sebagai disiplin diri, dan jalani sebagai rutinitas. Maka semuanya berjalan dengan baik.

 

Team : Apa yang memotivasi bhante untuk ambil pendidikan sampai tingkat Doctor?

Bhante : Awalnya ada Bhante senior yang membuat termotivasi.

 

Team : menurut Bhante, tokoh yang dijadikan suri tauladan untuk umat?

Bhante : Sang Buddha. Umat bisa belajar dari usaha perjuangan juga disiplin diri sehingga berhasil.

 

Merupakan hal yang baik melihat secara langsung bagaimana seseorang yang telah memiliki titel akademis Doktor masih tetap rendah hati. Semoga umat makin termotivasi menjadi lebih baik. Bhante Khemanando Thera, merupakan sosok bhante yang sederhana. Dibalik kesederhanaan, Bhante Khemanando merupakan Doktor dibidang pendidikan. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 dibidang Ilmu pendidikan, S2 dibidang Ilmu Administrasi Negara, dan S3 di Management Pendidikan. Dalam sehari hari Beliau juga terlibat dengan berbagai kegiatan. Di bidang pendidikan sebagai dosen di STAB Negri Sriwijaya, penjamin mutu dalam hal penelitian di STAB Kertarajasa Batu. Dan sebagai Padesenayaka di Lampung.

 

 

Sumber : Majalah Dhammacakka No.69/18/2/2013

Ditulis ulang oleh : Anthony Kwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*